top of page

Multiple Intelligence (Kecerdasan Majemuk)


Apa itu Multiple Intelligence / Kecerdasan Majemuk?

Multiple Intelligence adalah istilah untuk menggambarkan variasi jenis kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang. Semakin terlatih satu jenis kecerdasan maka ia mampu menunjukkan performa yang lebih baik


Apa saja yang termasuk Kecerdasan Majemuk?

Ada 8 (delapan) jenis kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang, antara lain :

  1. Kecerdasan Kinestetik : Performa kecerdasan ini tampak dari kemampuan seseorang menggunakan anggota tubuhnya. Umumnya orang dengan kecerdasan kinestetik yang terlatih dapat menekuni bidang profesional atlet.

  2. Kecerdasan Interpersonal : Orang dengan kemampuan ini fasih dalam menjalin hubungan dengan orang lain, memahami respon dan tindakan yang perlu ia tunjukkan saat berinteraksi dengan orang lain. Umumnya orang yang terlatih kecerdasan ini dapat menjadi seorang Humas.

  3. Kecerdasan Verbal-Linguistik : Kecerdasan ini membantu seseorang untuk fasih dalam berbahasa baik. Ia mampu menemukan format dan struktur dari suatu bahasa untuk memahaminya. Orang dengan kecerdasan verbal-linguistik dapat menjadi seorang sastrawan atau penerjemah.

  4. Kecerdasan Logika-Matematis : Kemampuan seseorang untuk memahami kesinambungan sebab-akibat, runutnya sebuah kegiatan, dan kemampuan berhitung sangat terkait dengan kecerdasan ini. Seorang yang terlatih dalam kecerdasan ini dapat menjadi ahli dalam bidang pengukuran.

  5. Kecerdasan Naturalis : Seorang yang cerdas pada tipe naturalis dapat mengenali alam sekitarnya, membedakannya, dan mengenali pola terhadap makhluk hidup dan benda-benda alam. Seorang yang melatih kecerdasan ini dapat menjadi seorang Geolog ataupun Praktisi di bidang Alam.

  6. Kecerdasan Intrapersonal : Intrapersonal mengandung kata intra yang berarti dalam. Seorang yang pandai intrapersonal mampu mengenali keadaan dalam dirinya. Ia tidak kesulitan untuk merenungkan hal-hal yang terjadi secara internal dalam dirinya. Kecerdasan intrapersonal dapat membantu seseorang yang pandai mengelola sumber daya yang ia miliki.

  7. Kecerdasan Visual Spasial : Visual berarti penglihatan dan spasial berkaitan dengan ruang. Seorang yang kecerdasannya visual spasialnya terlatih mampu mengenali tempat, arah, dan lokasi dimana ia berada. Ia mampu mengenali benda dengan melihat dalam waktu yang singkat. Seorang yang terlatih kecerdasan ini dapat menjadi desainer, arsitek, ataupun pilot.

  8. Kecerdasan Musik : Seorang yang cerdas dalam musik dapat mengenali nada, pola, irama, dan lagu tanpa kendala yang berarti. Ia dapat mengenali komponen sebuah lagu dengan kemampuannya sendiri. Seorang yang terlatih dalam bidang musik dapat menjadi seorang komposer atau musisi.

Dari mana kita dapat mengenali kecerdasan majemuk seseorang?

Pada dasarnya kecerdasan majemuk mudah dikenali melalui pengamatan. Seseorang tampak ahli dalam menyelesaikan sebuah jenis tugas atau aktivitas dibandingkan aktivitas lainnya. Akan tetapi dapat dilakukan pemeriksaan terukur yang memberikan gambaran dan penjelasan secara komprehensif mengenai kemampuan seseorang. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti Psikotes dan observasi.

300 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page